Seperti Apa sih Rasanya Kecubung? Ini Pengakuan Orang yang Pernah Mencobanya




Jakarta - Baru-baru ini media sosial dihebohkan oleh sejumlah orang di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang mabuk akibat mengonsumsi kecubung. Beberapa dari mereka terlihat sempoyongan.

Mengonsumsi kecubung dapat membuat seseorang berhalusinasi dan melakukan hal-hal aneh tanpa ia sadari. Hal ini karena kecubung mengandung senyawa skopolamin, yang merupakan zat halusinogen kuat.

Seorang pria di Malang, Jawa Timur, Roby (28), mengisahkan pengalamannya mengonsumsi kecubung. Ia mengaku, dirinya pernah mengonsumsi kecubung saat masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Saat itu, dia tidak mengetahui bahwa buah tersebut ternyata bisa memabukkan.

"Dulu (makan) waktu SMP seingat saya. Nggak tahu kalau itu (kecubung) bikin mabuk, saya dijahili teman," ujar Roby kepada detikcom, Sabtu (13/7/2024).

"Kecubung kan ada duri-durinya, sama teman-teman saya diilangin, jadinya kayak jambu. Saya gigit cuma sekali, setengahnya lah," sambungnya.

Dirinya mengatakan, rasa kecubung tersebut sepet dan pahit. Menurutnya, rasanya persis seperti buah jambu yang belum matang.

"Rasanya sepet-sepet pahit. Kayak jambu lah, kan kecubung juga ada biji-bijinya," kata Roby.

Memang tak langsung membuatnya mabuk dan berhalusinasi. Sependek yang diingat Roby, membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sebelum dirinya mulai kehilangan kendali pada dirinya.

"Kata teman saya, saya merayap gitu di lapangan. Saya sampai diikat di pohon sama teman saya, karena mereka takut saya aneh-aneh," katanya.

"Sembuhnya dikasih minum air degan hijau," sambungnya.

Tak jauh berbeda dengan Roby, Aldi (25) yang juga bertempat tinggal di Malang, juga merasakan hal serupa. Saat mengonsumsi kecubung, dirinya merasa lebih bahagia dan tidak takut akan apapun.

"Pikiranku nge-fly, enak gitu (rasanya). Manjat-manjat di gedung kosong," katanya.

"Aku masih sadar, setengah sadar. Pusingnya itu pusing enak, gimana ya (menjelaskannya). Nggak bisa diatur (tindakannya), seperti ada kebahagiaan sendiri," tutupnya.

Devandra Abi Prasetyo - detikHealth
Sumber health.detik.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel