Fungsi Kalium bagi Tubuh




KOMPAS.com - Kalium adalah salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh. Namun, tahukah kamu apa fungsi kalium bagi tubuh? Untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut ini! Fungsi kalium bagi tubuh adalah: 

- Menjaga keseimbangan cairan 

- Mendukung kerja sel saraf

-  Membantu mengatur kontraksi otot

Menjaga keseimbangan cairan

 Dilansir dari National Institutes of Health, kalium terdapat di semua jaringan tubuh dan berfungsi menjaga volume cairan intraseluler. 
 
Adapun, kalium berhubungan erat dengan natrium yang berfungsi mengatur volume cairan ekstraseluler. 

 Hal tersebut menjadikan kalium sebagai elektrolit yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.  Olahraga 30 Menit Meningkatkan Sel Darah Putih Melawan Kanker

Mendukung kerja sistem saraf 

Fungsi kalium bagi tubuh selanjutnya adalah mendukung kerja sistem saraf.  Seperti yang kita ketahui, sistem saraf dapat bekerja dengan menghanttarkan impuls.

  Dilansir dari Healthline, impuls saraf dihasilkan oleh ion natrium yang berpindah ke dalam sel dan ion kalium yang keluar dari sel. 

 Pergerakan ion-ion tersebutlah yang mengubah tegangan sel dan menciptakan impuls bagi sel saraf. 

 Sehingga, kekurangan kalium dapat mengganggu pembentukan impuls pada sel saraf. 


Membantu mengatur kontraksi otot 

Fungsi kalium bagi tubuh selanjutnya adalah membantu mengatur kontraksi otot. Dalam hal ini, kalium juga berfungsi membantu kontraksi otot jantung.  

Di mana kalium dapat memulihkan potensial membran kembali ke normal. Sehingga, kontraksi otot dapat berakhir dan otot mengalami relaksasi.


Fungsi lain kalium bagi tubuh 

Dilansir dari Medicine LibreTexts, kalium juga berfungsi membantu sintesis protein, metabolisme energi, fungsi trombosit, dan bertindak sebagai penyangga dalam darah, juga menjaga keseimbangan asam dan basa. 

Silmi Nurul Utami Penulis
Sumber kompas.com

Rephrase with Ginger (Ctrl+Alt+E)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel