Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Perlu Dapatkan Vaksin HPV





Jakarta, CNN Indonesia -- Vaksin HPV sama pentingnya pada pria. Pemberian vaksin ini bisa mencegah kanker serviks pada pasangannya.

Kanker serviks sendiri merupakan kondisi pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Pada 2020 lalu, diperkirakan ada sekitar 604 ribu kasus dan 342 ribu kematian akibat kanker serviks.

Hingga saat ini, kanker serviks juga masuk dalam daftar penyakit mematikan yang banyak diderita perempuan.

Namun demikian, pemberian vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks tak hanya diberikan terbatas pada perempuan. Pria juga bisa mendapatkan vaksin HPV.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Wresti Indriatmi mengatakan, vaksin HPV pada pria diberikan dengan tujuan untuk melindungi pasangan dari kanker serviks.

"Vaksin HPV bisa diberikan kepada laki-laki untuk mengurangi risiko penyakit kanker serviks pada perempuan pasangannya," kata Wresti, melansir ANTARA.

Vaksin HPV sendiri disebut-sebut sebagai salah satu cara ampuh untuk mencegah kanker serviks. Pemberian vaksin dapat melindungi tubuh dari paparan virus penyebab kanker serviks.

Infeksi virus HPV sendiri bisa terjadi saat melakukan hubungan seksual. Virus juga bisa ditularkan oleh pasangan pria ke pasangan perempuannya. Makanya, pemberian vaksin HPV pada pria penting dilakukan.

"Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa ketika vaksin diperkenalkan kepada laki-laki, maka terjadi penurunan juga untuk kanker serviks. Vaksin untuk perempuan saja sudah ada penurunan, apalagi ditambah laki-laki," pungkas Wresti.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel