5 Manfaat Penting Minum Susu Setiap Hari, Atasi Stunting hingga Peningkatan Gizi






JAKARTA, iNews.id - Susu telah lama dikenal sebagai sumber nutrisi yang penting. Dengan kandungan kalsium, protein, vitamin D, dan berbagai nutrisi lainnya, susu memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan optimal, terutama pada anak-anak dan remaja.

Susu mengandung banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh, termasuk kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Protein dalam susu membantu perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh, sementara vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, B12, dan riboflavin yang berkontribusi pada fungsi tubuh yang sehat. Berbagai penelitian menunjukkan, konsumsi susu secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Namun sayangnya, survei yang dilakukan oleh Seanuts II (Southeast Asian Nutrition Surveys) pada 2022, menemukan satu dari empat anak Indonesia mengalami stunting. Penelitian yang didukung oleh PT Frisian Flag Indonesia (FFI) ini meneliti mengenai status gizi, pola makan, dan gaya hidup lebih dari 14.000 anak di bawah usia 12 tahun.

Jan Derck van Karnebeek, CEO Royal FrieslandCampina N.V mengatakan, berdasarkan hasil penelitian menemukan, 70 persen anak Indonesia memiliki asupan zat gizi mikro yang kurang (tidak memenuhi kecukupan gizi mikro kalsium dan vitamin D). "Temuan Seanuts II di Indonesia menggarisbawahi urgensi misi FFI untuk mengatasi masalah gizi pada anak-anak," kata Jan Derck van Karnebeek melalui keterangannya belum lama ini.

Dia mengatakan, selain mengonsumsi ragam makanan sehat, minum susu setiap hari juga dapat melengkapi gizi Si Kecil. Sebagai salah satu produsen produk bergizi berbasis susu terbesar di Indonesia, dia berkomitmen meningkatkan kesehatan anak Indonesia dengan menyediakan nutrisi yang baik dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat melalui beragam produknya.

Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi susu sehari-hari? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (6/7/2024).

1. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Kandungan protein dalam susu membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, yang penting untuk anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan. Sementara itu, terdapat pula vitamin dan mineral. Susu menyediakan berbagai vitamin (seperti vitamin A, B12, dan riboflavin) dan mineral yang mendukung perkembangan fisik dan kognitif.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu penting untuk pembentukan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Protein dan berbagai vitamin dalam susu membantu pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu rendah lemak atau skim dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menyediakan nutrisi tanpa lemak jenuh berlebih. Kalsium pada susu menjadi salah satu sumber kalsium terbaik, yang sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat. Sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium, sehingga mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Mengurangi Risiko Stunting

Anak-anak yang mendapat asupan susu yang cukup memiliki risiko lebih rendah mengalami stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis.

"Kami berpartisipasi dalam mendukung aspirasi gizi Indonesia untuk membangun bangsa yang maju dan berkembang, dengan terlibat dalam berbagai inisiatif untuk meningkatkan kesehatan anak-anak," kata Berend van Wel, Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia

Berend van Wel, menambahkan dia terus mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah agar FFI dapat meningkatkan kontribusi membangun masyarakat yang lebih kuat di Indonesia. "Dalam sepuluh tahun terakhir, kami telah menunjukkan upaya kolaboratif dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para ahli gizi, organisasi dan akademisi melalui 'Program Susu Sekolah'," kata dia.

5. Dukung Sistem Kekebalan dan Jaga Berat Badan

Vitamin A dan Zinc dalam susu menjadi Nutrisi penting untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh dalam membantu melawan infeksi dan penyakit. Mengonsumsi susu juga membuat kenyang. Susu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein dan lemaknya, membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebih.

penulis  : Vien DimyatiSumber inews.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel