6 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis, Bisa Mengatasi Penyakit Diabetes dan Banyak Manfaat Kesehatan Lainnya



TIMENEWS.co.id — Kita bisa mencoba mengonsumsi air rebusan dari kayu manis karena memiliki kandungan antioksidan polifenol dan pelanto sianidin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang terkenal di Indonesia dan banyak digunakan dalam berbagai masakan rempah, kayu manis ini berasal dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon dari genus Cina momong potongan kulit kayu bagian dalam akan dikeringkan sampai menggulung, gulungan inilah yang terkena sebagai batang kayu manis.

Selain sebagai bumbu untuk masakan ternyata hasil air rebusan kayu ini punya banyak manfaat kesehatan, yuk kita cari tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Berikut simak ulasannya yang dilansir Timenews.co.id dikutip dari channel youtube GridKids Minggu, 23 Juni 2024.

1. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Kayu manis memiliki kandungan bernama cinnamaldehyde yang berguna melawan berbagai jenis bakteri minyak kayu manis juga terbukti efektif untuk mengatasi infeksi akibat jamur, efek antimikroba yang dimiliki kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Pada musim pancaroba seperti saat ini nggak jarang tubuh kita terserang penyakit seperti radang maupun flu kita bisa mencoba mengonsumsi air rebusan dari kayu manis karena memiliki kandungan antioksidan polifenol dan proanthocyanidins yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sifat antivirus antibakteri dan anti jamurnya membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya berbagai bahaya kesehatan.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Selain melawan infeksi bakteri terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan Kayu Manis dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker Kayu Manis berpotensi mencegah kanker dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah di tumor.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang tinggi sangat beresiko akan penyakit diabetes, penyakit ini gak kenal usia dan bisa saja terjadi kepada remaja nyatanya Kayu Manis ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh bagi penderita diabetes dapat mengonsumsi air rebusan Kayu Manis ini untuk mengatur kadar gula darah.

Selain obat-obatan ketika memasuki tubuh Kayu Manis bekerja pada sel-sel otot yang membantu mengubah gula menjadi energi dan akhirnya menstabilkan kadarnya dalam tubuh.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung 120 MG bubuk kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi penderita obesitas atau yang memiliki kelebihan berat badan kita bisa mengkonsumsi air rebusan kayu manis, dalam sebuah penelitian mengatakan Kayu Manis dapat meningkatkan thermogenesis atau produksi panas tubuh hingga 20% yang membantu membakar lebih banyak kalori Kayu Manis juga membantu pencernaan lemak dan karbohidrat sehingga mencegah nutrisi disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Sumber timenews.co.id
















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel